Call  +62 361 421 845 (Hunting)
Berita     Jadwal & Kegiatan     Poto Galeri     Tanggapan Pelanggan    

PDAM Tirta Mangutama


Beranda / Info Pelanggan / Tatib Pelanggan

Tata Tertib Pelanggan PDAM Tirta Mangutama

PERATURAN DIREKSI

PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM  TIRTA MANGUTAMA

KABUPATEN BADUNG

 

NOMOR :01 / PDAM / PEDIR / 2018

 

T E N T A N G

 TATA TERTIB BAGI PELANGGAN AIR MINUM

PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MANGUTAMA

KABUPATEN BADUNG

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

 

DIREKSI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MANGUTAMA

KABUPATEN BADUNG

Menimbang  :   a. bahwa dalam upaya peningkatan dan kesinambungan pelayanan air bersih kepada pelanggan

                            maka dipandang perlu untuk meningkatkan peranserta masyarakat pemakai air minum;

                         b. Bahwa untuk tujuan tersebut diatas dipandang perlu adanya pedoman bagi pelanggan

                             air minum;

                         c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagai mana dimaksud dalam huruf a dan huruf b

                             perlumenetapkan Peraturan Direksi tentang Tata Tertib Bagi Pelanggan Air Minum.

Mengingat : 1. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 2 Tahun 2007 tentang Organ dan Kepegawaian

                        Perusahaan Daerah Air Minum.

                    2. Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 6 Tahun 2005 tentang Perusahaan

                        Daerah Air Minum Kabupaten Badung;

                    3. Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 9 Tahun 2011 tentang Penamaan

                        Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.

                    4. Peraturan Bupati Badung Nomor 12 tahun 2006 tanggal 21 Pebruari 2006, tentang Ketentuan –

                        ketentuan Pokok Badan Pengawas, Direksi dan Kepegawaian

                        Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Badung;

                    5. Peraturan Bupati Badung Nomor 36 Tahun 2006 tanggal 19 Juni 2006, tentang Susunan

                       Organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Badung;

                    6. Keputusan Bupati Badung No. 2468/01/HK/2017, tentang Pengangkatan Direksi Perusahaan

                        Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung Periode 2017 - 2021;

 

MEMUTUSKAN:

Menetapkan :   PERATURAN DIREKSI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TENTANG TATA TERTIB BAGI

                         PELANGGAN AIR MINUM PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MANGUTAMA  

                         KABUPATEN BADUNG.

 

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

 

  1. Perusahaan Daerah adalah Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  1. Direksi adalah Direksi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  1. Pencatat Meter Air adalah petugas yang mencatat stand meter secara periodik
  1. Air Minum adalah air yang memenuhi persyaratan atau standar Departemen Kesehatan.
  1. Sarana dan prasarana penyediaan air minum adalah bangunan beserta peralatan dan perlengkapannya yang menghasilkan, menyediakan dan menyalurkan air minum untuk masyarakat.
  1. Penyediaan air minum adalah usaha-usaha untuk menghasilkan, menyediakan dan menyalurkan air minum untuk masyarakat.
  1. Kran umum adalah sarana pelayanan untuk daerah-daerah pemukiman tertentu yang penduduknya cukup padat dan tingkat kemampuan ekonominya rendah.
  1. Pipa Distribusi adalah pipa pembawa air minum dari reservoir sampai ke pipa dinas.
  1. Pipa Dinas adalah pipa yang menghubungkan pipa distribusi sampai Meter Air.
  1. Meter Air adalah alat untuk mengukur pemakaian air  Pelanggan termasuk pelengkapannya.
  1. Stop Kran adalah alat untuk mengatur pengaliran air.
  1. Stand Meter adalah angka pemakaian air dalam meter air.
  1. Instalasi adalah peralatan teknik beserta perlengkapannya yang dipasang pada posisinya dan siap dipergunakan,
  1. Uang Jaminan Langganan disingkat UJL adalah bagian dari biaya Sambungan Langganan,
  1. Instalatur adalah suatu badan usaha atau usaha perorangan yang bergerak dalam pekerjaan instalasi air minum.
  1. Pelanggan adalah pemakai air minum perorangan atau badan yang menggunakan air minum Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.

 

PEMBEBANAN PEMAKAIAN AIR

Pasal 2

 

  1. Pembebanan pemakaian air didasarkan pada Stand Meter hasil baca Pencatat Meter Air Pelanggan Setiap Bulan.
  2. Pembebanan pemakaian air sebagaimana dimaksud pasda ayat (1) didasarkan pada pemakaian air rata-rata  3 (tiga)  bulan bulan terakhir  apabila:
  1. Pintu Rumah Terkunci.
  2. Meter Air Tertimbun.
  3. Meter Air Mati.
  4. Angka Meter AirKabur.
  5. Letak Meter Air dibawah tumpukan barang atau atau benda lain atau
  6. Sebab lainnya sehinggan tidak dapat melakukan Pencatatan Meter Air.
  1. Perbedaan Stand Meter dilapangan dengan hasil baca Pencatat Stand Meter diperhitungkan sesuai pemakaian air pada bulan-bulan berikutnya atau dilakukan perbubahan terhadap Stand Meter.
  2. Pengaduan kekeliruan pencatatan angka pada meter air hanya dapat dilayani dalam jangka waktu paling lama  7 (tujuh) hari kerja setelah dilaksanakan pembacaan.

 

PEMBAYARAN DAN SANKSI ATAS KETERLAMBATAN

PEMBAYARAN REKENING AIR MINUM

      Pasal 3

 

  1. Pembayaran  rekening air minum mulai tanggal 5 sampai dengan tanggal 25 setiap bulan.
  2. Pembayaran rekening air minum sebagimana dimaksud ayat (1) dilakukan di tempat pembayaran yang telah ditentukan.

 

                                                                                                   Pasal 4

 

  1. Keterlambatan pembayaran rekening air minum dikenakan sanksi sebagai berikut.
  1. Denda I adalah sanksi administrasi yaitu pembayaran mulai tanggal 26 sampai dengan tanggal 15 bulan berikutnya sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).
  2. Denda II adalah sanksi segel yaitu pembayaran setelah denda I sampai dengan tanggal 25 dilakukan penutupan sementara (disegel) dan diberikan surat peringatan,  pembukaan kembali setelah membayar sanksi  segel  sebesar Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah).
  3. Denda III adalah sanski cabutyaitu pembayaran setelah denda II sampai dengan tanggal 25 bulan berikutnya dilakukan pencabutan meter air dan pemasangan meter air kembali setelah membayar denda cabut sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).
  1. Pembayaran atas keterlambatan membayar air minum sebagaimana dimaksud ayat (1)  dilakukan pada loket pembayaran PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  2. Khusus untuk Pelanggan golongan Industri (F1 & F2) dikenakan denda 1% (satu Persent) dari rekening air atas masing – masing Denda I, Denda II dan Denda III.
  3. Denda untuk Pelanggan Pelanggan Industr (F1 & F2) sebagaimana dimaksud ayat (3) apabila nilai denda lebih rendah dari ketentuan ayat (1) diberlakukan sama dengan ketentuan ayat (1).
  4. Pelaksanaan pembukaan segel dan pemasangan kembali paling lama 7 (tujuh) hari setelah melunasi pembayaran rekening air, non air dan denda.

 

PENYAMBUNGAN KEMBALI

Pasal 5

 

  1. Pelanggan air minum  yang belum melunasi rekening air dan denda melampaui ketentuan sebagaimana dimaksud pasal 4 dianggap mengundurkan diri menjadi Pelanggan Air Minum.
  2. Pengaktifan kembali menjadi Pelanggan Air Minum dilakukan dengan Membayar Sambungan Baru dan melunasi seluruh tunggakan air dan non air termasuk denda-denda lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

 

 

 

TERA DAN KALIBRASI METER AIR

Bagian Satu

Tera Meter Air

Pasal 6

 

  1. Meter air yang terpasang di persil Pelanggan ditera dan diuji oleh pihak yang berwenang.
  2. Tera ulang meter air dilakukan atas permintaan Pelanggan dikenakan biaya sebesar Rp.25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah).

 

Bagian Dua

Kalibrasi Meter Air

Pasal 7

 

  1. Kalibrasi meter air dilapangan atas permintaan pelanggan dilaksanakan oleh petugas PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dan hasil kalibrasi dibuatkan Surat Keterangan Pengetesan Meter Air yang disetujui kedua belah pihak, dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah).
  2. Bila hasil Kalibrasi melebihi standarisasi akurasi meter air yaitu 1% sampai dengan 2%, maka kelebihan tersebut akan dikoreksi melalui rekening air dan meter air diganti atas biaya PDAM
  3. Bila Meter Air yang diusulkan dilakukan kalibrasi oleh pelanggan yang umur ekonomisnya 5 tahun keatas makaMeter Air  tersebut diganti dan tidak dikenakan biaya.

 

 

SANSI MERUSAK / MENGHILANGKAN SARANA AIR MINUM

Bagian Kesatu

Sanksi Merusak Segel

Pasal 8

 

      Merusak dan atau memutus segel pada meter air atau kran sebelum meter air dikenakan denda sebesar

      Rp. 10.000,-  (sepuluh ribu rupiah).

 

Bagian Kedua

Sanksi Merusak,Menghilangkan dan Merubah Kedudukan Meret Air

Pasal 9

 

  1. Meter Air yang tidak bisa dibaca secara langsung maupun tidak langsung, baik sengaja maupun tidak disengaja dikenakan denda sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).
  2. Merubah kedudukan  meter air dari tempat semula sehingga tidak sesuai dengan persyaratan teknis tanpa seijin PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dikenakan denda sesuai dengan biaya standar sambungan baru dan posisi meter air dikembalikan ke tempat semula.
  3. Merusak, mencabut dan menghambat jalannya meter air dengan alat bantu serta membalik posisi meter air dari posisi semula, memasang pompa isap pada meter air dikenakan sanksi pengaliran air diputus sementara (disegel) dan denda sepuluh kali pemakaian air tertinggi selama setahun. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka meter air dicabut, dan bila didalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan biaya sambungan baru ditambah melunasi denda sebelumnya.
  4. Menghilangkan meter air  dikenakan denda sama dengan sambungan baru dikurangi UJL.

 

Bagian Ketiga

Sanksi Pemakain Air PDAM

Pasal 10

 

  1. Pengambilan air dan atau penyambungan di luar meter air oleh Pelanggan dikenakan sanksi aliran air diputus sementara (disegel) dan denda sebesar biaya sambungan rumah ditambah biaya perhitungan pemakaian air 150 liter per orang/hari dikalikan jumlah keluarga selama setahun. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan tersebut maka meter air dicabut. Dan bila dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah  meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan sambungan rumah dan melunasi sanksi denda sebelumnya.
  2. Pengambilan air dan atau penyambungan di luar meter air oleh masyarakat yang bukan Pelanggan PDAMakan dilaporkan kepada pihak yang berwajib.
  3. Penyaluran air minum yang keluar dari persil Pelanggan untuk keperluan persil lain, dikenakan sanksi pemutusan sementara (disegel) dan sanksi denda yang besarnya sama dengan biaya sambungan rumah dan instalasi yang menuju persil lain dicabut. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka meter air dicabut, bila dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan biaya sambungan rumah ditambah melunasi sanksi denda sebelumnya.

 

Bagian Keempat

Sanksi Merusak Pipa PDAM

Pasal 11

 

Segala kerusakan pipa air akibat kelalaian pekerjaan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan atau instansi dikenakan biaya dan sanksi sesuai dengan ketentuan dan perhitungan PDAM Tirta Mangutama  Kabupaten Badung.

 

BIAYA - BIAYA

Bagian Kesatu

Biaya Pengetesan dan Pengurasan Pipa

Pasal12

 

  1. Pengetesan dan pengurasan pipa oleh pihak ketiga dibebani biaya dengan tarif yang diperhitungkan sesuai dengan golongan tarif niaga kecil (E1).
  2. Kegiatan Pengetesan dan pengurasan sebagaimana dimaksud ayat (1) dituangkan dalam surat perjanian antara PDAM Tirta Mangutama dengan Pihak Ketiga.
  3. Besarnya biaya pengetesan dan pengurasan pipa sebagaimana dimaksud ayat (1) dilakukan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah pekerjaan selesai dan dibuat dalam  Berita Acara.

 

Bagian Kedua

Biaya Balik Nama

 

Pasal 13

 

  1. Balik Nama yang dimohonkan oleh Pelanggan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah).
  2. Balik Nama untuk Kepentingan PDAM Tirta Mangutama tidak dikenakan Biaya.

 

BagianKetiga

BiayaPemindahan Meter Air &Pipa

Pasal 14

 

Biaya pemindahan meter air dan biaya penurunan pipa dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan dan perhitungan PDAM Tirta Mangutama KabupatenBadung

 

PELAYANAN AIR MINUM DENGAN AIR TANGKI

Pasal 15

 

  1. Pelayanan air minum dengan truk tangki hanya melayani wilayah pelayanan air minum PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung sesuai dengan kemampuan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  2. Pelayanan air minum dengan truk tangki sebagaimanadimaksudayat (1) diutamakan kepada kelompok Pelanggan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung yang mengalami gangguan pengaliran air tanpa dikenakan biaya.
  3. PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung juga memberikan pelayanan dengan truk tangki kepada Banjar atau Dusun, Kelurahan atau Desa, Kecamatan, apabila belum dilayani oleh air PDAM untuk keperluan sosial di wilayah pelayanan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) per tangki dan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum air dipergunakan agar mengajukan surat permohonan kepada PDAM Kabupaten Badung.

 

KETENTUAN LAIN

Pasal  16

 

  1. Pelanggan  diharapkan untuk menggunakan air seperlunya dan menutup kran dalam rumah dengan baik bila air tidak diperlukan.
  2. Pelanggan  berkewajiban memelihara, memeriksa dan menjaga  meter air untuk menghindari adanya kesalahan perhitungan pemakaian air dan untuk dapat segera mengetahui kebocoran serta kerusakan pada meter air.
  3. Pelanggan  harus selalu memperhatikan instalasi pipa dalam rumah agar kebocoran – kebocoran dapat dihindari.
  4. Stop kran sebelum meter air pemeliharaan dan atau pemanfaatannya adalah kewenangan pihak PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dan Stop kran setelah meter air pemeliharaan dan atau pemanfaatannya menjadi tanggung jawab pelanggan.
  5. Menempatkan Barkode (ID Pelanggan) harus di tempat yang aman dan mudah di lihat oleh Petugas PDAM.
  6. Pelanggan air minum diharapkan memiliki bak penampungan sementara untuk menanggulangi bila ada gangguan pengaliran air minum.
  7. Apabila pelayanan PDAM tidak maksimal, maka pelanggan dapat mengajukan keluhan / pengaduan kepada PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  8. Apabila dikehendaki, pelanggan dapat berhenti berlangganan PDAM sesuai ketentuan yang berlaku.
  9. Pemilik persil selaku Pelanggan bertanggungjawab atas segala beban biaya yang timbul terhadap sambungan air minum tersebut, walaupun persil atas rumah tersebut dikontrakkan atau dialihkan sementara penguasaannya.
  10. Pemakaian tinggi akibat kebocoran saluran meter air setelah diadakan pengecekan bersama adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  11. Meter Air berada di persilpelanggansesuai data pelanggan (tidak diperkenankan memasang dan atau menitipkan meter air pada persil orang lain).
  12. Uang Jaminan Langganan ( UJL ) dapat diambil atau diterima kembali oleh pelanggan apabila berhenti menjadi pelanggan air minumdenganterlebih dahulu diperhitungkan atau dikonpensasikan dengan tunggakan pembayaran rekening air dandilengkapisurat permohonan berhenti menjadi pelanggan serta melampirkan fotocopy rekening air minum bulan terakhir pembayaran.

 

KETENTUAN PENUTUP

Pasal 17

 

  1. Pada saat peraturan ini berlaku maka Keputusan Direksi Perusahaan Daeran Air Minum Kabupaten Badung Nomor : 24.1 / PDAM / KPTS / 2016 Tentang Tata Tertib Bagi Pelanggan Air Minum, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

 

  1. Peraturan Direksi ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

                       

                       Ditetapkan di       :  D e n p a s a r

                       Pada Tanggal      :  01 September  2018

                                                       Direksi,                      

                                                         ttd

                                                I KETUT GOLAK

                                                 Direktur Utama

 

 

 

 

 


PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung
Kantor Pusat Pelayanan
Jl. Bedahulu No. 3, Denpasar, Bali - Indonesia 80111
Telp: +62 361 421 845 (Hunting)  Fax: +62 361 423 964
Email: info@pdambadung.id
Situs: www.pdambadung.id

© PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung 2017

Top